» Detail News

Senin, 15 April 2019 - 13:33:45 WIB

Posting by : Deny
Category    : Corporate News - Reads : 55



Tender Offer, Michelin Beli Saham Ritel Multistrada Rp 843


Produsen ban asal Perancis Compagnie Générale des Etablissements Michelin menyiapkan dana Rp 961,04 miliar atau Rp 843 per saham untuk penawaran tender (tender offer/TO) produsen ban lokal PT Multistrada Arah Sarana Tbk (MASA).  

Nilai yang diajukan Michelin tersebut relatif sama dengan harga beli Rp 843,95 per saham, lebih rendah daripada prediksi pelaku pasar Rp 850 yang bernilai total Rp 1,6 triliun. 

Dalam keterbukaan informasi perseroan di surat kabar hari ini (15/4/19), Michelin menawarkan harga tersebut kepada 1,14 miliar saham dari 12,41% investor publik yang tercatat. 

Jumlah saham publik tersebut di bawah prediksi pelaku pasar yang pernah memprediksi jumlah pemegang saham publik dalam proses TO tersebut mencapai 20%. 


Tender offer wajib tersebut akan dilakukan Michelin sebagai pemegang saham pengendali baru MASA, yang transaksi pembelian 87,59% sahamnya diumumkan pada awal tahun ini. 

Dokumen keterbukaan informasi yang sama juga menunjukkan bahwa harga TO tersebut sudah di atas rerata harga tertinggi transaksi saham perseroan di bursa sejak 90 hari dari 25 Oktober 2018 sampai 22 Januari 2019, yaitu Rp 697 per saham. 

TO wajib tersebut akan berlangsung dari 16 April hingga 15 Mei dan tanggal pembayaran pada 22 Mei 2019 dengan biaya transkasi 0,35%. 

Dalam aksi korporasi tersebut, Michelin dan MASA menunjuk PT Trimegah Sekuritas Indonesia Tbk (TRIM) sebagai perusahaan efek yang ditunjuk untuk mengadministrasikan kegiatan TO tersebut, bersama dengan PT Kustodian Sentral Efek Indonesia dan PT Raya Saham Registra sebagai biro administrasi efek. 

Keterbukaan informasi yang sama juga menunjukkan bahwa setelah TO ini, Michelin menyatakan tidak berencana men-delistingkan MASA dari bursa, tidak menjadikan MASA perusahaan tertutup, tidak melikuidasi MASA, dan tidak mengubah kebijakan dividen perusahaan yang memproduksi ban merek Achilles dan Corsa tersebut. 



Sumber : www.CNBC

  Tag :

masa




    Berita Terkait :

  • Michelin beli saham Multistrada (MASA) di harga Rp 843 per saham
  • Sah! Michelin Borong Multistrada Rp 6,8 T Lewat Trimegah
  • Jelang Tender Offer, Saham MASA Dikerek Naik?
  • Multistrada Arah Sarana (MASA): Pelaksanaan tender offer kemungkinan akhir Maret
  • Siap-siap Memburu Saham MASA Hari Ini?