» Detail News

Rabu, 19 Desember 2018 - 11:33:25 WIB

Posting by : Deny
Category    : Economic News - Reads : 14



BTN Kuncurkan Kredit Rp 2 Triliun Ke AP I - Dukung Pengembangan Bandara


Pembangunan infrastruktur yang terus dikerjakan pemerintah memerlukan dukungan semua pihak terutama BUMN. PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk bersinergi dengan PT Angkasa Pura I (Persero) meningkatkan pengembangan Bandar udara dan fasilitas bandar udara untuk memperlancar arus transportasi udara. Bentuk sinergi tersebut dituangkan dalam bentuk komitmen Bank BTN untuk mengucurkan kredit korporasi.”Sebagai bentuk sinergi BUMN dan komitmen Bank BTN untuk mendukung pembangunan infrastruktur kami memberikan komitmen pendanaan senilai Rp2 triliun,” kata Direktur Utama BTN, Maryono di Jakarta, kemarin.

Dalam kerjasama tersebut, Bank BTN memberikan fasilitas pembiayaan (non revolving loan) kepada PT AP I untuk aktivitas usaha, pengembangan bandara dan investasi rutin.Pembiayaan sektor infrastruktur ini akan terus ditingkatkan dengan membuka kerjasama BUMN lain yang terkait oleh infrastruktur, transportasi dan pendukungnya seperti BUMN Karya untuk membangun, jalan, jembatan dan sebagainya.

Menurut Maryono, latar belakang dari kredit ini adalah sektor infrastruktur memberikan efek bergulir bagi industri lain, khusus bandara pengembangannya langsung bisa dirasakan masyarakat, dan membuat industri lain bergerak, yang istimewa pengembangan bandara juga bisa dilihat dan dirasakan langsung oleh asing karena bandara merupakan fasilitas vital transportasi orang dan barang.

Maryono menambahkan melalui sinergi dengan AP-I, menjadi langkah strategis perseroan untuk mendukung pengembangan infrastruktur."Selain rencana pemberian kredit korporasi (non revolving loan) senilai Rp2 triliun, Bank BTN juga membuka peluang kerjasama lainnya dengan AP-I untuk mendukung ekonomi dalam negeri," ujarnya.

Adapun beberapa peluang kerjasama yang bakal dijajaki diantaranya penyediaan jasa layanan dana, pemanfaatan fasilitas kredit dan pembiayaan, serta jasa layanan perbankan lainnya.Selain itu, beberapa layanan yang bisa dimanfaatkan AP-I seperti Pengelolaan Dana Operasional Korporasi, Fasilitas Kredit/Pembiayaan Korporasi dalam bentuk Kredit Investasi, Kredit Modal Kerja, dan Kredit Sindikasi.

Hingga akhir tahun ini, perseroan menargetkan realisasi kredit korporasi mencapai Rp 4 triliun, kendati Bank BTN baru fokus mengejar pertumbuhan kredit tersebut sejak awal tahun ini.Pada tahun 2019 perseroan menargetkan mematok peningkatan segmen kredit korporasi sebesar 50% dari realisasi kredit 2018 dengan menimbang rencana pemerintah yang akan memprioritaskan pembangunan infrastruktur. Sementara itu Direktur Utama AP I, Faik Fahmi mengungkapkan perseroan berencana terus melakukan pengembangan bandara yang dikelola dalam rangka pengembangan transportasi udara di Indonesia.

Sebagai pengelola 13 bandara di Indonesia, AP I mengalokasikan belanja modal (Capital Expenditure/Capex) guna mengembangkan usaha dan peningkatan fasilitas bandara baru yang akan dikelola.Dalam pemenuhan kebutuhan dana capex tersebut, Angkasa Pura I mencari pendanaan salah satunya dengan menggandeng anggota Himpunan Bank Negara (Himbara) yakni Bank BTN.


Sumber : www.NERACA

  Tag :

bbtn




    Berita Terkait :

  • Pertumbuhan Kinerja Melambat, Asing Lepas Saham BBTN
  • Danareksa Jatuh ke Pelukan BRI, BTN Masih Berniat Akuisisi MI
  • BTN Cetak Laba Rp 2,24T di Kuartal III-2018, Naik 11,51%
  • Laba 4 Bank BUMN Masih Moncer, Ini Datanya
  • PREDIKSI IHSG JUMAT (14/9/2018): IHSG Uji Level Resisten, Sejumlah Saham Ini Layak Dicermati